About

Rabu, 19 Juli 2017

GERAK TAKSIS

GERAK TAKSIS

Makhluk hidup dapat bergerak walau sedikit saja dan terjadi tanpa kita sadari dan terjadi secara alami. Manusia, hewan dan tumbuhan adalah makhluk hidup yang dapat bergerak walaupun gerakan tumbuhan terbilang sangat lambat dan sering tidak kita hiraukan. Tumbuhan dapat bergerak dengan cara taksis. Taksis adalah gerakan dari tumbuhan yang akan di jelaskan sebagai berikut :

Pengertian Taksis

Taksis atau gerakan taksis adalah suatu gerakan tumbuhan yang terjadi karena adanya suatu rangsangan yang berasal dari luar tubuh. Tubuh tumbuhan itu akan bergerak dan arah dari gerakan ini terpengeruh dengan datangnya arah rangsangan tersebut. Rangsangan yang di timbulkan membedakan gerakan taksis menjadi 3 macam.
Macam-Macam Taksis
Gerakan taksis memiliki beberapa macam yang di bagi berdasarkan jenis rangsangan yang di dapatkan. Macam-macam taksis adalah sebagai berikut:
1. Fotatoksis
Fotatoksis adalah suatu gerakan taksis yang terjadi karena ada rangsangan yang berasal dari adanya cahaya yang datang. Contoh dari gerakan taksis ini adalah Euglena yang dapat bergerak dengan bulu cambuk yang di miliki menuju kearah cahaya.

2. Kemotaksis
Kemotaksis adalah suatu gerakan taksis yang terjadi karena adanya rangsangan yang berasal dari adanya zat kimia. Contoh dari gerakan ini adalah gerak ketika sel sperma pada tumbuhan berbiji tertutup menuju ke sel telur, gerakan ini terjadi karena adanya suatu rangsangan zat kimia yang telah di produksi oleh sel telur.


3. Galvanotaksis
Galvanotaksis adalah suatu gerakan taksis yang terjadi karena adanya rangsangan yang berasal dari pengearuh arus listrik. Contoh dari gerakan taksis ini adalah gerakan bakteri yang mengarah dari arah kutub postif menuju negatif ataupun gerakan sebaliknya.

http://www.spengetahuan.com/2016/08/pengertian-dan-macam-gerak-taksis-pada-tumbuhan-lengkap.html

2 komentar: