About

Rabu, 26 Juli 2017

Pengertian Gerak dan Gerak Lurus

GERAK DAN GERAK LURUS

Pengertian Gerak

Gerak merupakan gejala alam yang banyak diteliti karena bidang penerapannya yang luas.
  • Sebelum membahas lebih jauh tentang gerak lurus dan contohnya, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu definisi dari gerak lurus. 
  • Mobil yang berjalan dan pesawat yang bergerak meninggalkan landasan jelas dapat dikatakan bergerak. Bagaimana dengan penumpang mobil dan penumpang pesawat?
  • Dapatkah mereka dikatakan bergerak? Mari kita pelajari pengertian gerak (khususnya gerak lurus) dan besaran-besaran dalam gerak lurus.
Berikut adalah video tentang Gerak lurus:


Pengertian Gerak Lurus

Gerak lurus adalah gerak suatu obyek yang lintasannya berupa garis lurus. Jenis gerak ini disebut juga sebagai suatu translasi beraturan. Pada rentang waktu yang sama terjadi perpindahan yang besarnya sama. Titik acuan adalah suatu titik untuk memulai pengukuran perubahan kedudukan benda. Adapun titik-titik yang dilalui oleh suatu benda ketika bergerak disebut lintasan.

  • Sebenarnya, benda yang ”diam” dapat juga dikatakan bergerak. Hal ini bergantung pada titik acuan yang dipakai dan kedudukan benda yang berubah terhadap titik acuannya.
  • Berdasarkan pengertian tersebut, penumpang mobil dan pesawat dapat dikatakan bergerak. Jika kamu memandang mobil sebagai titik acuan, maka penumpang mobil dikatakan diam.
Hasil gambar untuk mobil gerak lurus
  • Sedangkan jika kamu memandang landasan pesawat sebagai acuan, maka penumpang pesawat dikatakan bergerak terhadap landasan.

Contoh Gerak Lurus

Dapatkah kamu menyebutkan contoh-contoh gerak lurus? Mobil yang berjalan di jalan lurus dan kereta api yang berjalan merupakan contoh gerak lurus
 
Rumus Gerak Lurus:
Hasil gambar untuk GAMBAR GERAK LURUS

Hasil gambar untuk mobil gerak lurus


http://chordgitar251.blogspot.co.id/2016/09/pengertian-gerak-dan-gerak-lurus-serta.html

0 komentar:

Posting Komentar